Penjuru 5 Santri (2015)

Penjuru 5 Santri (2015)

Synopsis
Berkisah tentang 5 sahabat yaitu Sabar, Wahyu, Slamet, Sugeng dan Rahayu. Kelima bocah tersebut tinggal di sebuah desa yang masih asri bernama Desa Selopamioro, yang terletak 40 kilometer di sebelah selatan kota Yogyakarta.

Desa yang jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk suasana kota. Kehidupan disana pun masih sangat sederhana. Mereka masih menggunakan tungku api yang bahan bakarnya dari kayu untuk memasak. Air yang mereka gunakan berasal dari aliran sungai dan sendang yang ada di desa mereka.

Walaupun 5 sahabat tersebut hidup dalam kesederhanaan yang cenderung memprihatinkan, namun mereka tetap mempunyai semangat yang besar untuk menimba ilmu. Walaupun jalan yang mereka tempuh untuk menuju ke sekolah tidaklah mudah.

Pagi-pagi sekali mereka harus berangkat ke sekolah tanpa memakai alas kaki. Selain itu mereka harus menyeberangi sungai dan berjalan beberapa kilometer untuk sampai ke sekolah. Malamnya mereka harus berjalan kaki menggunakan obor sebagai alat penerangan menuju pondok pesantren untuk belajar mengaji.

Mulanya Sabar tidak diperbolehkan neneknya untuk belajar mengaji karena harus membantu mencari kayu bakar dan rumput untuk pakan kambing. Namun karena kesabaran dan pengertian dari Kyai Landung dalam membujuk sang nenek, Sabar pun diperbolehkan mengikuti pengajian.

Suatu hari, lima sekawan tidak sengaja menemukan kejanggalan di tengah hutan jati. Apa yang sebenarnya terjadi..???

Subscribe to get more videos :